kata kerja material dan kata kerja relasional


Teman kita, DIdi telah menuliskan pertanyaan baru di BIMBEL Guru Les Privat.

Pertanyaannya adalah: kata kerja material dan kata kerja relasional


Berbicara soal aksi premanisme yang dilakukan sejumlah kelompok, memang agak sedikit pelik. Persoalan ini cukup kompleks. Solusi menangatasi permasalahan ini juga bukan perkara gampang. Premanisme lahir dan berkembang lalu menggurita. Muncul bukan dari ruang hampa. Dampak dari ketidakadilan, ketimpangan sosial, ekonomi, dan politik. Istilah premanisme kini, tak terhenti pada aksi pemerasan. Premanisme oleh segelintir pihak disinyalir terlibat di berbagai tindak kriminal, mulai dari aksi perampokan, perampasan, penjarahan hingga aksi kerusuhan. Premanisme (berasal dari kata bahasa Belanda vrijman = orang bebas, merdeka dan isme = aliran) adalah sebutan pejoratif yang sering digunakan untuk merujuk kepada kegiatan sekelompok orang yang mendapatkan penghasilannya terutama dari pemerasan kelompok masyarakat lain. Perbedaan Preman dan premanisme yaitu preman orang yang berkuasa disuatu daerah atau jalanan dan premanisme lebih kepada sifat yang dimiliki manusia bukan hanya disuatu daerah atau jalanan, bahkan dikalangan sekolah-sekolah yaitu pelajar.
Ada beberapa faktor penyebab munculnya tindakan anarkis ataupun premanisme di negara ini antara lain : faktor ekonomi Fenomena preman di Indonesia mulai berkembang pada saat ekonomi semakin sulit dan angka pengangguran semakin tinggi. Akibatnya kelompok masyarakat usia kerja mulai mencari cara untuk mendapatkan penghasilan, biasanya melalui pemerasan dalam bentuk penyediaan jasa yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Preman sangat identik dengan dunia kriminal dan kekerasan karena memang kegiatan preman tidak lepas dari kedua hal tersebut.
Penyebab seseorang menjadi preman kemungkinan besar orang tersebut tidak mempunyai pekerjaan dan kembali lagi kepada faktor ekonomi, orang tersebut berkeinginan mempunyai uang dengan mudah akibatnya seseorang menjadi preman kemungkinan besar orang tersebut tidak mempunyai pekerjaan dan kembali lagi kepada faktor ekonomi, orang tersebut berkeinginan mempunyai uang dengan mudah.
Penegakan hukum yang lemah, Hukuman yang dijatuhkan terhadap preman atau yang melakukan tindakan kejahatan yang terlibat bentrokan bahkan pembunuhan begitu ringan. Hukum dinegri sangat terlihat bisa diperjual belikan, sehingga para preman yang di ajukan ke pengadilan bisa lolos dari jerat hukuman. akibatnya si pelaku tidak akan jera dengan perbuatannya jika hukuman yang diberikan sangat ringan.
Dan sifat manusia seperti premanisme menyebabkan banyaknya orang takut akan sesama manusia akibatnya terbentuknya premanisme tersebut, bahkan karena takut tak sedikit orang yang memberikan uang penghasilannya.
Pergaulan yang bebas menjadikan sebab orang menjadi preman, karena pergaulan bebas kurangnya kegiatan yang positif dan akibatnya orang tersebut bingung untuk memilih mana yang benar dan mana yang salah, orang tersebut hanya memikirkan kenyamanan disuatu pergulan. Dan akhirnya terbentuk lah sifat premanisme.
Sebab lainnya yaitu banyaknya anak sebagai generasi muda yang tidak sekolah karena faktor ekonomi orang tua nya, Jika anak-anak dibekali pendidikan yang cukup sehingga memiliki ketrampilan dalam berwirausaha maka mereka tidak akan hidup sebagai pengemis atau gelandangan. Mereka pasti mendambakan hidup berkecukupan dan sehat. Akibatnya anak-anak kecil jika dari kecil diajari hidup dengan kekerasan ( termasuk tayangan televisi yang akhir-akhir ini cukup memprihatikan karena banyak adegan bahkan karakter yang jahat ditonjolkan ), maka mereka akan terbiasa menyelesaikan masalah dengan cara semau gue. Ingat cara berpikir orang ditentukan saat masa kanak-kanak. Seringkali trauma di masa kecil membawa dampak yang buruk di kehidupan dewasanya.
Sebab lainnya, Jika saja pemerintah bisa menurunkan beban masyarakat dan memberikan kesempatan kerja bagi rakyatnya maka premanisme dapat ditekan walaupun tidak 100 persen karena saya yakin di setiap masyarakat manapun pasti ada penyakit ini. Akibatnya dengan meningkatnya taraf hidup masyarakat Indonesia maka generasi muda akan dibekali pendidikan yang cukup karena mereka mendapat pemahaman yang baik tentang kehidupan. Coba bayangkan pengamen dan pengemis, untuk mengisi perut mereka saja mereka masih harus berpikir keras, bagaimana mungkin orang tua mampu menyekolahkan mereka yang notabene harga pendidikan semakin mahal dan tidak terjangkau bagi masyarakat kecil.
Sering terjadi perkelahian antar preman karena memperebutkan wilayah garapan yang beberapa di antaranya menyebabkan jatuhnya korban jiwa. Akibatnya Preman di Indonesia makin lama makin sukar diberantas karena ekonomi yang semakin memburuk dan kolusi antar preman dan petugas keamanan setempat dengan mekanisme berbagi setoran.
Akar dari premanisme hampir sama dengan akar penyakit masyarakat lainnya yaitu kemiskinan dan kebodohan. saya berharap pemerintah bisa memberikan solusi yang jitu untuk meningkatkan taraf hidup masyarakatnya dan sekaligus meningkatkan pendidikan bagi generasi muda. Tidak ada lagi tawuran tetapi belajar dan belajar lagi dengan giat. Faktor utama terjadinya dalam fenomena tindakan kriminal ini salah satunya akibat faktor ekonomi dalam memenuhi kebutuhan. Pelaku tindak kriminal dan kekerasan dapat terjadi dimana saja dan oleh siapa saja Tindakan kriminal dan kekerasan sangatlah berdampak negatif pada kelangsungan kehidupan di masyarakat bahkan suatu negaraFenomena tindakan kriminal dan kekerasan dapat dicegah dan dapat diselesaikan. Peran serta anggota Kepolisian juga sangat penting, untuk mencegah maraknya preman preman di Indonesia

mana yang termasuk kata kerja material dan kata kerja relasional?

PEMBAHASAN & JAWABAN
 

Silahkan baca pembahasan dan jawaban atas pertanyaan kata kerja material dan kata kerja relasional di bawah ini. Pertanyaan yang belum terjawab akan segera mendapatkan ulasan dan pembahasan dari pengunjung lainnya, atau dari tim pengasuh BIMBEL GuruLesPrivat.net.

 

Anda juga bisa berpartisipasi memberikan tanggapan atau jawaban atas pertanyaan kata kerja material dan kata kerja relasional ini. Jangan takut berbagi meskipun itu masih kurang benar. Di BIMBEL GuruLesPrivat.net, kita saling belajar dan memberikan masukan secara bersama-sama.

Dengan memberikan jawaban atau tanggapan atas pertanyaan kata kerja material dan kata kerja relasional, kamu telah ikut membantu DIdi mendapatkan jawaban yang dibutuhkannya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *